•   Call Us: +62-21 5658 048
  •  [email protected]

Informasi & Berita

Pentingnya Oli dan Pelumas untuk Kendaraan Bermotor Featured

Mar 06 2017

Pentingnya Oli dan Pelumas untuk Kendaraan Bermotor

Pada dasarnya, semua motor yang diciptakan pabrikan sudah mempunyai performa yang baik, ini tentu didapat dari serangkaian pengujian. Nah, untuk menjaga performa mesin selalu dalam kondisi baik seperti ketika keluar dari pabrikan, salah satunya tentu dengan menggunakan oli yang tepat dan berkualitas.

Seperti yang kita ketahui, bagian dalam mesin semuanya bergerak dan saling gesek. Untuk mengurangi gesekan tersebut maka dibutuhkan oli.

Analoginya seperti  ini, jika komponen rapat atau seret namun kualitas oli kurang bagus, maka mau tidak mau bukaan gas yang harus diperbesar untuk mencapai kecepatan tertentu.

Namun dengan kondisi mesin yang sama dan memakai oli yang bagus, maka bukaan gas cukup sedikit saja untuk mencapai kecepatan yang sama. Intinya, semakin licin oli dengan susunan yang tidak putus, maka oli tersebut semakin baik untuk mesin.

 

Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini : Anda biasa memakai oli merk A, lalu coba ganti ke merk B. Setelah ganti oli, tiba-tiba performa motor Anda terasa menurun, atau tarikan jadi lebih berat.

Hal tersebut adalah wajar, karena karakteristik tiap jenis oli memang berbeda-beda, sesuai dengan komposisi kimia didalamnya. Perbedaan karateristik inilah yang sedikit banyak berpengaruh pada proses keausan komponen mesin. Akibatnya tiap jenis oli menimbulkan tingkat keausan yang berbeda-beda untuk akumulasi waktu yang cukup lama.

 

Piston Sebagai Indikator

Gambar diatas menunjukan permasalahan yang timbul akibat menggunakan oli yang kurang baik. Ketika  piston kotor, ring piston tidak bergerak bebas, akan mempengaruhi kinerja mesin ketika ingin dihidupkan, atau bahkan menyebabkan mesin macet total. Oli yg baik membantu untuk menjaga ring piston bergerak bebas, membersihkan mesin, menetralisir asam korosif dan mempertahankan viskositasoli pada suhu tinggi, tanpa menyebabkan deposit.

 

Oli yang Baik Dapat Menjaga Mesin Tetap Bersih

Performa mesin juga di pengaruhi oleh sejauh mana pelumas dapat menjaga kebersihan bagian-bagian mesin. Sebagai contoh deposit pada celah piston dapat menyebabkan ring piston tidak dapat bergerak bebas sehingga membuat kompresi turun dan gesekan bertambah yang berakibat menurunnya performa mesin.

 

Deposit pada bagian bawah piston (under crown piston deposit) akan menyebabkan piston overheat sehingga berpotensi terjadinya fenomena ngelitik (knocking), hal ini karena deposit tersebut bersifat sebagai selubung yang menghalangi perpindahan panas yang seharusnya didinginkan oleh pelumas. Jadi jangan heran jika salah satu tugas pelumas yang sangat penting adalah menjaga agar komponen mesin tetap bersih (disamping untuk lubrikasi tentunya).

 

Ciri Oli yang Baik

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:

1.    1. Suara mesin yang halus

Halus dalam artian spesifikasi oli mesin sesuai yg tertera di buku manual motor, terlalu encer atau terlalu kental juga tidak baik. Sesuaikan juga dengan tahun produksi motor dan jenis rute yg dilalui.

 

2. Putaran mesin yang ringan dan responsif

Jika oli cocok, bohong klo tidak akan merasakan kondisi mesin yang seperti ini.

 

3. Suhu mesin stabil

Mesin juga akan menjadi cepat panas jika oli tidak cocok, soal panas mesin tidak ada hubungannya dengan penguapan ya gan. Justru lebih ke dapat memecah komposisi oli jika panas berlebih dan melepaskan partikel karbon, seiring waktu jelas akan menumpuk dan membentuk endapan lumpur (sludge)

 

4. Penguapan oli yang minim

Oli menguap disebabkan karena adanya celah antara liner dan piston yang sudah tidak sesuai batas toleransi, akibatnya oli yg dari crankcase menyelinap dan masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Indikasinya seperti keluar asap putih dari knalpot.

 

Ganti Oli Secara Rutin

Kami ingin menekankan tentang pentingnya penggantian oli secara rutin. Biasanya, penggantian oli dilakukan berbarengan dengan servis rutin. Namun jika anda tidak sempat melakukan servis rutin, minimal gantilah oli jika sudah mencapai kilometer tertentu, biasanya setiap 3000 km.

Yang sering terjadi adalah, banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak mengganti oli karena harga  oli yang cukup mahal. Untuk masalah tersebut, Anda dapat mencoba oli motor Prestasi.

 

Selain harganya yang sangat terjangkau, kualitasnya juga baik, dan tentunya dapat menjaga mesin motor Anda agar tidak cepar rusak. Jangan sampai karena ingin mengirit sedikit uang, anda jadi harus mengeluarkan jutaan rupiah karena turun mesin.


 

Dari Penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa oli sangat penting untuk mesin kendaraan bermotor anda. Pilihlah oli dengan kualitas yang baik, dan jangan lupa ganti secara rutin.

Read 1009 times
Rate this item
(0 votes)

About The Author

Web Admin

Typi non habent claritatem insitam; est usus legentis in iis qui facit eorum claritatem. Investigationes demonstraverunt lectores legere me lius quod ii legunt saepius.

142 comments

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.